Komoditas Padi di Sebulu Jadi Ketahanan Pangan Kukar

Berita, Kukar1667 Views

Kutai Kartanegara, NEAZONE.ID – Kecamatan Sebulu di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi andalan dalam produksi padi untuk ketahanan pangan di wilayah tersebut. Bahkan, padi dari Sebulu juga siap disuplay untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal ini diungkapkan oleh Camat Sebulu, Edy Fahruddin, yang ditemui di Desa Giri Agung, Jumat (6/10/2023). Ia mengatakan, Desa Giri Agung memiliki lahan persawahan terluas di Sebulu, yaitu 600 hektare.

“Sebagian besar warga desa, sekitar 90 persen, berkerja sebagai petani. Mereka bisa panen 900 ton padi setiap tahunnya. Padi ini tidak hanya untuk konsumsi sendiri, tapi juga untuk perusahaan-perusahaan di Kecamatan Sebulu,” tutur Edy.

Edy menuturkan, padi menjadi komoditas unggulan di Sebulu dan terletak di daerah SP 2 Manunggal Jaya. Selain padi, Sebulu juga memiliki komoditas karet yang sudah mendapat pengakuan dari pemerintah daerah.

“Karet kami juga unggul, sudah mendapat penghargaan dari Pemda Kukar,” kata Edy.

Edy menyampaikan, Pemda Kukar akan melakukan budidaya kambing di Sebulu tahun depan. Hal ini sudah diajukan oleh dinas terkait dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan produk pertanian di Sebulu. (ADV/Diskominfo Kukar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *