Assalamualaikum Grup F

Olahraga, Opini, Pemuda416 Views

Oleh : Gatot Abdul Jukeri

Kalimantan Utara, NEAZONE.ID – Panggung utama Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang sebenarnya baru akan dimulai pertengahan bulan November 2023. Timnas akan bergabung di Grup F yang dihuni tim kuat dari Asia barat, Iraq. Tim kuat lain penghuni grup ini adalah salah satu rival Timnas di kawasan Asia Tenggara yakni Vietnam yang dikenal oleh pecinta sepakbola nasional sebagai Nguyen FC dan peserta terakhir grup ini adalah negara yang berada di utara pulau Sulawesi, Filipina.

 

Timnas Indonesia berhasil masuk putaran kedua (babak grup) kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah pada putaran pertama berhasil menggilas Brunei Darussalam dengan agregat 12 – 0. Timnas berhasil mencetak skor identik pada 2 pertandingan melawan Brunei Darussalam yakni 6 – 0 di Jakarta (12/10) dan 0 – 6 di Bandar Seri Begawan (17/10). Hasil ini membuat anak asuh Shin Tae Yong (STY) melenggang mudah ke babak kedua kualifikasi.

 

STY melakukan beberapa perubahan pada squad asuhannya. Ernando Ari dipasang sebagai penjaga gawang utama menggantikan posisi Nadeo Argawinata yang diistirahatkan. Sementara di barisan pemain bertahan terdapat 3 perubahan yakni Rizki Ridho yang diplot berduet dengan Fachruddin Arianto dan ditemani Sandy Walsh serta Shayne Pattinama di full back kiri dan kanan.

 

Sementara, posisi lini tengah diisi oleh Trio Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Egy Maulana Vikri. Sedangkan lini serang terdapat perubahan dengan dimasukkannya Witan Sulaeman sebagai starter yang menopang posisi Dendy Sulistyawan yang berduet dengan Hokky Caraka sebagai ujung tombak.

 

Babak pertama berlangsung cukup mengkhawatirkan bagi permainan Timnas, hingga akhirnya Hokky Caraka berhasil memecah kebuntuan di menit ke 6. Gelontoran gol Timnas kembali hadir pada menit 42 lewat aksi Egy Maulana Vikri dan disusul gol kedua Hokky 2 menit berselang. Skor 3 – 0 menutup babak pertama.

 

Babak kedua berjalan cepat bagi Timnas Indonesia. Terbukti dengan diperolehnya hadiah penalti pada menit 47 yang dikonversi menjadi gol oleh Witan Sulaeman. Pada menit 63 Rizky Ridho berhasil menambah perbendaharaan golnya bagi Timnas. Kemenangan telak Timnas atas Brunei ditutup oleh Ramadhan Sananta pada menit 82 yang membuat jala gawang Brunei terkoyak 12 kali dalam waktu 7 hari.

 

Hasil ini membuat Timnas melanjutkan perjuangannya di babak grup untuk menuju putaran final Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko. Piala Dunia 2026 akan menggunakan format baru dengan total 48 negara. Benua Asia mendapatkan kuota sebanyak 8 ½ (8 negara lolos otomatis, 1 negara jalur play off). Dengan bertambahnya kuota ini maka melebarkan peluang Tim Garuda untuk bermain di Piala Dunia dengan syarat harus lolos dan menjadi duta Grup F kualifikasi babak kedua dan harus berjuang memperebutkan 8 slot yang pada babak ketiga kualifikasi zona Asia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *