Bunda PAUD Kukar Buka Kelas Parenting untuk Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

Kukar647 Views

Kutai Kartanegara, NEAZONE.ID – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Maslianawati Edi Damansyah mengajak para orang tua, guru, dan kepala sekolah untuk meningkatkan keterpaduan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Hal ini disampaikan dalam kegiatan kelas parenting yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kukar di Kecamatan Samboja, Sabtu (05/11/2023).

Maslianawati mengatakan bahwa transisi PAUD ke SD merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh semua pihak, karena akan mempengaruhi perkembangan anak di masa depan. Ia menekankan bahwa pembelajaran di PAUD dan SD harus berbasis bermain, sesuai dengan konsep Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah.

“Yang dimaksud dengan Merdeka Belajar adalah pembelajaran secara bermain, seperti yang sudah diterapkan oleh para guru PAUD, terkait miskonsepsi pembelajaran yang dilaksanakan di SD itu belum menyenangkan, karena para guru di SD beranggapan bahwa di PAUD anak anak sudah belajar membaca, tetapi tidak semuanya seperti itu, oleh karena itu tentu perlu ada batasan, konsepsi dan keterpaduan pembelajaran antara PAUD dan SD agar kedepannya tidak terjadi miskonsepsi, maka dari itu melalui kegiatan ini transisi anak-anak kita dari PAUD ke SD apabila itu menyenangkan dan tidak traumatis, dampak yang bunda-bunda lakukan akan sangat dipegang dan diingat sepanjang hayat mereka,” ucap Maslianawati.

Ia juga mengapresiasi partisipasi aktif dari para peserta kelas parenting, yang terdiri dari Bunda PAUD, Kepala Sekolah, Guru PAUD, Guru SD, dan orang tua murid dari Kecamatan Samboja dan Samboja Barat. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan generasi Indonesia Emas.

“Gerakan ini perlu adanya kolaborasi sinergi dari semua pihak sehingga peran Bunda PAUD dapat optimal untuk mendukung program ini, dengan jejaring yang dimiliki oleh Bunda PAUD, saya harap langkah kecil yang dilakukan menjadi langkah besar untuk generasi Indonesia Emas,” ujarnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *