Kampong Kuliner Tradisional, Inisiatif Warga Gang 7 Tenggarong yang Mendapat Apresiasi dari Pemerintah Kecamatan

Kukar698 Views

Kutai Kartanegara, NEAZONE.ID – Warga Gang 7 RT 6 Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar “kampong kuliner tradisional” selama lima hari, mulai dari Senin (06/11/2023) lalu. Acara ini mendapat apresiasi dari pemerintah kecamatan, yang menilai bahwa acara ini merupakan wadah yang baik bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pelestarian budaya Kutai.

Camat Tenggarong Sukono mengatakan, kampong kuliner tradisional yang diinisiasi oleh warga Gang 7 menunjukkan kebanggaan warga terhadap kearifan lokal dan kesejahteraan masyarakat. Meskipun dilakukan di gang yang sempit, acara ini berhasil menarik pengunjung yang ingin menikmati berbagai menu tradisional yang disajikan oleh para pelaku UMKM.

“Acara ini sangat luar biasa, saya mengapresiasi inisiatif warga Gang 7,” ujar Sukono.

Selain kuliner, acara ini juga menampilkan berbagai kesenian tradisional dari dalam dan luar Kukar, yang turut menghibur warga dan pengunjung. Sukono menilai, ini merupakan bentuk pelestarian budaya dan ruang ekspresi bagi seniman.

Sukono juga mengapresiasi kekompakan dan kerjasama warga Gang 7 yang bersedia diganggu oleh keramaian demi suksesnya acara ini. Ia berharap, kampong kuliner tradisional ini dapat berlanjut dan mendapat dukungan dari pemerintah, terutama menjelang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di dekat Kukar.

“Kita harus memperkenalkan keindahan kuliner khas Kutai kepada masyarakat lebih luas. Ini juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, seperti yang sudah terbukti selama empat tahun terakhir,” tuturnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *