Wadah Pelajar dan Mahasiswa Malinau Resmi Terbentuk Di Makassar

Berita, Nasional, Tarakan2214 Views

Makassar, NEAZONE.ID – Perumahan Puri Diva Istanbul menjadi saksi terbentuknya wadah bagi pelajar dan mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Malinau yang menempuh pendidikan di Kota Makassar, Kamis (18/5/2023).

Kegiatan deklarasi  tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan teks Deklarasi yang di tandatangani lima presidium untuk membentuk organisasi kedaerahan. Setiawan selaku Koordinator Presedium menyampaikan terbentuknya organisasi kedaerahan agar bisa saling menjaga, dan mengingatkan antar sesama serta saling menghormati antar suku, ras dan agama. Deklarasi tersebut mengusung tema Mari Membangun Daerah Kita Bersama.

“Organisasi ini sebagai wadah untuk pengembangan dan peningkatan kreativitas serta profesionalisme dalam berorganisasi sehingga bisa berperan dalam pembangunan Kabupaten Malinau,”ujarnya.

Di era desentralisasi ini peran serta dari semua elemen masyarakat tak terkecuali mahasiswa tidak dapat dielakkan lagi dalam membangun dan mengelola daerahnya sesuai dengan sumber daya masing-masing. Mahasiswa memiliki  peran strategis dalam hal pemerataan pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat lokal.

Hal tersebut tercantum secara jelas dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Namun hari ini, kesadaran akan tanggung jawab yang demikian–semisal  transformasi pola pikir, belum tersentuh secara maksimal, khususnya bagi organisasi mahasiswa kedaerahan yang secara institusional sebagai wadah mahasiswa dalam hal memfasilitasi peran strategisnya.

Sementara itu, Juliana yang mendapatkan amanah Ketua Panitia menyampaikan bahwa dalam upaya untuk melaksanakan kegiatan pertama yaitu Musyawarah Besar Keluarga pelajar Mahasiswa kab. Malinau kedepan untuk melakukan Pemilihan Ketua Umum.

“Komposisi panitia akan segera dirampungkan dan selanjutnya akan membangun berkoordinasi dengan Pemkab Malinau,”ungkapnya. (Pck)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *