Batik Hasil Karya Persit Kodim 0906/KKR Dapat Dukungan dan Apresiasi dari Dinas Koperasi dan UMKM Kukar

Berita, Kebudayaan, Kukar1475 Views

Tenggarong, NEAZONE.ID – Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional 2023, Persit Kodim 0906/KKR menggelar workshop membatik yang menghasilkan enam motif batik dengan sentuhan kearifan lokal. Kegiatan ini mendapat penghargaan dan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Dinas Koperasi dan UMKM Kukar.

Workshop yang berlangsung di Aula Kodim 0906/KKR Jalan KH Achmad Muksin, Tenggarong, pada Senin (2/10/2023), memperoleh perhatian positif dari Topik Zulfianur, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kukar.

Topik Zulfianur, dalam komentarnya, menekankan pentingnya melestarikan budaya batik sebagai aset nasional yang harus diwariskan kepada generasi muda. Ia mengatakan, “Saya dari dinas sangat mengapresiasi kegiatan ini dan meminta ibu-ibu Persit terus berlatih dan menghasilkan ide-ide kreatif karena batik adalah hasil dari ide kreatif yang diwujudkan dalam bentuk pakaian.” Ujar Topik

Topik juga menggarisbawahi dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Kukar terhadap masyarakat yang menciptakan karya seni dengan menggali unsur-unsur kearifan lokal, termasuk dalam pembuatan batik. “Batik yang mengusung budaya lokal ini memiliki nilai yang besar, bupati juga telah menyediakan fasilitas dan dukungan keuangan bagi masyarakat yang ingin menciptakan karya-karya lokal,” imbuhnya.

Topik berharap bahwa motif-motif batik yang telah dihasilkan dapat dikenal luas dan mendapatkan perlindungan hak cipta, terutama dengan adanya pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (IKN) di Kalimantan Timur oleh Pemerintah Indonesia. Ini membuka peluang besar agar karya seni lokal dapat diakui secara nasional.

“Karya seni seperti batik ini harus kita perkenalkan sehingga masyarakat kita dapat berkontribusi dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menyambut IKN,” ucap Topik.

Tidak hanya mengapresiasi, Topik Zulfianur juga menyampaikan ucapan selamat dalam rangka Hari Batik Nasional 2023 dan mendorong masyarakat untuk dengan bangga mengenakan batik sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia. “Selamat Hari Batik Nasional 2023,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *