Pemkab Kukar dan Puslikoka Jember Kolaborasi Tingkatkan Kompetensi Petani Kopi

Berita, Kukar, Pertanian2539 Views

Kutai Kartanegara, NEAZONE.ID – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi besar dalam bidang pertanian, khususnya kopi. Untuk mengembangkan sektor ini, Pemkab Kukar akan bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslikoka) Jember, Jawa Timur.

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para petani kopi di Kukar dalam hal budidaya, panen dan pascapanen. Selain itu, kerjasama ini juga diharapkan dapat mendukung pembangunan pertanian di daerah tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris BKPSDM Kukar Suhada saat membacakan sambutan tertulis Bupati Kukar dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Kompetensi Budidaya Kopi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sub Pertanian, Senin (9/10/2023).

Acara tersebut digelar di UPT BPPSDM Provinsi Kalimantan Timur, Sempaja Samarinda. Acara ini diikuti oleh sejumlah ASN sub Pertanian yang bertugas di Kukar.

“Kami berharap dengan adanya kerjasama ini, para petani kopi di Kukar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi mereka. Kami juga berharap dengan adanya bimtek ini, para ASN sub Pertanian dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” kata Suhada.

Suhada menambahkan, kerjasama dengan Puslikoka Jember merupakan salah satu dari dua program prioritas Pemkab Kukar di bidang pertanian. Program lainnya adalah peningkatan produksi jagung, perikanan dan industri kecil menengah (IKM).

“Kedua program ini akan kami laksanakan dengan dukungan dari semua pihak, mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kecamatan, desa, dunia usaha, perguruan tinggi dan masyarakat utamanya petani dan nelayan,” ucapnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *