Bumdes Tukung Ritan Sejahtera, Usaha Transportasi yang Beradaptasi dengan Perubahan Zaman

Berita, Kukar1217 Views

Kutai Kartanegara, NEAZONE.ID – Usaha transportasi di Bumdes Tukung Ritan Sejahtera di Tabang, Kutai Kartanegara beralih menjadi transportasi darat, yang sebelumnya mengelola tranportasi air dengan kapal fery untuk warga sekitar. Sejak ada jembatan yang menghubungkan dua sisi sungai, itu sebabnya Bumdes Tukung Ritan beradaptasi dengan perubahan zaman.

“Kami melihat ada peluang usaha di transportasi darat, yaitu travel mobil. Kami sudah memiliki enam unit mobil yang siap beroperasi untuk melayani perusahaan-perusahaan di sini,” kata Ubang Ului, Kepala Desa Tukung Ritan, Jumat (13/10/2023).

Ubang mengatakan, Bumdes ini terbuka untuk warga yang ingin bergabung dengan usaha transportasi darat. Syaratnya, mereka harus memiliki mobil yang sesuai dengan standar perusahaan yang menjadi mitra Bumdes.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada warga untuk meningkatkan penghasilan mereka. Salah satu kendala yang sering dihadapi adalah legalitas usaha. Dengan bergabung di Bumdes, mereka bisa lebih mudah menjalin kerjasama dengan perusahaan,” tutur Ubang.

Bumdes Tukung Ritan Sejahtera didirikan pada tahun 2020 dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat desa dalam bidang usaha. Selain transportasi, Bumdes ini juga memiliki usaha lain seperti pertanian dan perdagangan. (ADV/Diskominfo Kukar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *