Desa Jembayan Punya Lahan Pertanian 300 Hektar, Rencana Bangun Gudang Beras Tahun Depan

Berita, Kukar1421 Views

Kutai Kartanegara, NEAZONE.ID – Desa Jembayan di Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) punya lahan pertanian yang luas. Di sana, ada sekitar 300 hektar lahan yang ditanami sayur dan padi sawah. Hasil panennya mau disimpan di gudang beras yang akan dibangun oleh desa.

Gudang beras ini akan dikelola oleh badan usaha milik desa (bumdes). Sekretaris Desa Jembayan, Jamli mengatakan, ini adalah salah satu program prioritas desa untuk tahun depan.

“Salah satu rencana kades kedepannya di sini ada penghasil beras sendiri. Kami ingin membangun gudang beras untuk menyimpan hasil panen padi kami,” kata Jamli, Kamis (19/10/2023).

Jamli menjelaskan, sektor pertanian di desa ini masih perlu banyak bantuan dari pemerintah. Selama ini, desa ini sudah mendapat alat dan mesin pertanian (alsintan) dari pemerintah daerah. Namun, itu masih belum cukup.

“Alhamdulillah, untuk sarana dan prasarana sudah ada, tapi masih belum mecukupi,” ucapnya.

Selain alsintan, desa ini juga butuh bantuan bibit dan pupuk. Jamli berharap, pemerintah bisa kembali memberikan bantuan itu, agar hasil panen petani bisa lebih baik.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani, desa ini juga rutin mengadakan pelatihan. Pelatihan itu bekerja sama dengan balai penyuluhan pertanian (BPP) di Loa Kulu yang berada di Desa Sepakat.

“Semua tergantung permintaan atau kemauan petani. Misalnya mereka minta pelatihan tanaman cabe kami undang yang ahli cabe dan kami anggarkan di Alokasi Dana Desa (ADD),” terangnya.

Sementara itu, bumdes di desa ini juga mengelola stok batubara menuju kapal yang ada di Desa Jembayan. Bumdes juga mengelola kantin untuk tambang. (ADV/Diskominfo Kukar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *