Wartawan Diajak DPRD Ikut Awasi Penggunaan APBD-P Kaltim 2023

Berita, DPRD Kaltim1582 Views

Samarinda, NEAZONE.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ajak wartawan untuk turut mengawasi penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kaltim 2023 yang dilakukan oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Untuk diketahui APBD-P tahun 2023 Kaltim naik hingga Rp4 triliun, sehingga saat ini mencapai Rp25,32 triliun.

“Sehingga perlu adanya transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran, karena ini kunci penting dalam menjaga kepentingan dan kepercayaan masyarakat,” sebut Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati, di Samarinda, Rabu (18/10/2023).

Dalam konteks ini, ia secara khusus mengajak wartawan untuk berperan aktif dalam mengawasi jalannya APBD-P.

“Wartawan harusnya ikut mengawasi karena pasti dekat dengan rakyat, sebuah prestasi bagi wartawan karena membantu menjaga integritas dan efisiensi pengelolaan dana publik,” katanya.

Puji meminta wartawan berani melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan kejanggalan yang tidak wajar dalam penggunaan APBD-P di berbagai Instansi pemerintahan.

“Jangan takut, enggak ada yang harus ditakuti,” ujarnya.

Menurutnya, kehadiran wartawan dalam pengawasan anggaran adalah sebuah langkah positif untuk mencegah potensi penyalahgunaan dana publik dan memastikan bahwa anggaran tersebut digunakan sesuai dengan aturan dan untuk kepentingan masyarakat. (Sf/Rs/Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *