Biaya Perjalanan ke Bali Lebih Murah Dibanding ke Berau

Berita, DPRD Kaltim3787 Views

Samarinda, NEAZONE.ID – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terkenal karena kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) dan tempat wisata di sejumlah adaerah, salah satunya Pulau Derawan, Maratua dan Labuan Cermin yang terletak di wilayah Berau.

Namun, untuk mencapai tempat tersebut tidak mudah karena kondisi infrastruktur jalan dan lainnya. Belum lagi biaya transportasi mahal dan sebagainya, seperti tiket pesawat terbang serta lainnya.

“Ini akan berpengaruh pada jumlah kedatangan wisatawan ke tempat tersebut,” kata Anggota DPRD Kaltim, Muhammad Adam Sinte.

Adam pun membandingkan estimasi biaya perjalanan ke Bali yang cendrung lebih murah ketimgang ke Berau.

“Jadi kalau dilihat wisatawan yang datang ke Bali lebih banyak dari pada ke Berau karena biaya yang mahal. Kalau ke Bali hanya Rp2 juta sudah sampai, tapi ke Berau bisa sampai Rp5 juta lebih,” ucapnya.

Dikatakannya, DPRD Kaltim sendiri sejak beberapa waktu lalu telah membuat regulasi berupa Perda terkait jalan khusus tambang batu bara dan kelapa sawit. Tapi, aturan tersebut kerap dilanggar perusahaan pertambangan dan kelapa sawit.

Untuk itu, Adam Sinte mendorong Pemprov Kaltim untuk memperhatikan hal tersebut. Ini mengingat potensi pariwisata Kaltim yang sangat banyak dan bisa dijual, sehingga dapat memberikan kontribusi ke kas daerah.

“Kalau jalan-jalan sudah mulus, walaupun wisatawan yang datang harus lewat darat, tapi mereka bisa menikmati perjalanan dengan menyenangkan. Paling penting adalah kita siapkan rest area untuk beristirahat, itu harus jadi perhatian utama,” bebernya.

“Jadi wisatawan bisa singgah di sana, tempatnya juga harus bersih dan nyaman karena kita sepakat bahwa Kaltim memiliki destinasi wisata andalan bisa di jual,” tutupnya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *