HM Syahrun Soroti Mahalnya Pupuk dan Harga Beras yang Melonjak

Berita, DPRD Kaltim1433 Views

Samarinda, NEAZONE.ID – Turunnya produksi padi petani dan melonjaknya harga pupuk ditengarai menjadi penyebab tingginya harga jual beras di Kaltim.

Lonjakan harga ini tentu berdampak pada masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Anggota DPRD Kaltim, HM Syahrun meminta kepada pemerintah provinsi (Pemprov) untuk berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota guna mengatasi persoalan yang sedang dihadapi para petani di daerah.

“Turun langsung ke sawah dan rutin lakukan sidak untuk memastikan kecukupan ketersediaan pupuk khususnya bersubsidi serta memastikan penyalurannya benar tepat sasaran. Diskusi langsung ke petani untuk mengetahui apa yang mereka perlukan,” katanya.

Telebih, dikatakan Syahrun, perbedaan harga antara pupuk bersubsidi dengan non subsidi ikut mempengaruhi tingginya permintaan, sehingga penting untuk memastikan ketersediaan pupuk subsidi.

Pemerintah juga harus berupaya maksimal dalam memberikan perhatian serius kepada petani dalam rangka pemenuhan kebutuhan beras untuk Kaltim. Sebab, dampak dari El Nino yang berkontribusi besar terhadap rendahnya hasil produksi petani.

“Pupuknya murah dan mudah didapat, peraian sawah cukup, perangkat pertanian dipenuhi maka saya yakin produksi beras di Kaltim maksimal sehingga harga jualnya pun lebih mudah dijangkau oleh masyarakat,”tuturnya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *