Kukar Siap Bersaing dengan Pendatang di Era IKN

IKN, Kukar, NUSANTARA811 Views

Kutai Kartanegara, NEAZONE.ID – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan salah satu daerah yang wilayahnya masuk dalam Ibukota Negara (IKN) yang akan segera dibangun. Hal ini tentu membawa dampak positif dan negatif bagi daerah tersebut, terutama dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Wakil Bupati Kukar, H Rendi Solihin, sudah banyak penduduk pendatang yang mulai berdatangan ke Kukar. Selain itu, akan ada sekitar 3 juta lebih penduduk yang akan masuk ke Kukar setelah IKN beroperasi.

“Untuk itu, persaingan sudah mulai terjadi dalam segi SDM dengan para pendatang mulai berkompetisi dengan putra putri asli daerah. Sebagai tuan rumah, jangan menjadi penonton di daerah sendiri,” ujarnya pada acara Milad Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kukar ke 30, Kamis (9/11/2023).

Rendi menambahkan, untuk menghadapi persaingan tersebut, Kukar harus meningkatkan kualitas SDM yang unggul dan berbudaya. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mendukung pendidikan yang berkualitas, seperti yang dilakukan oleh MAN 2 Kukar.

“Sesuai dengan semboyannya, MAN 2 Kukar Mandiri Berprestasi Berbasis Lokal Berwawasan Global akan menjadi motivasi bagi siswa-siswinya agar terus berkembang. Seperti diketahui, MAN 2 Kukar salah satu sekolah yang jumlah anak didiknya lebih banyak. Peningkatan SDM yang unggul dan berbudaya sesuai dengan program Kukar Idaman agar bisa melahirkan generasi muda yang berprestasi dan lebih maju,” katanya.

Selain SDM, Rendi juga menyebutkan bahwa Kukar harus mengembangkan sumber daya lainnya yang lebih berkelanjutan, seperti pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif. Pasalnya, kekayaan Kukar yang selama ini bersumber dari minyak bumi, gas alam, dan batubara, sudah mulai menurun dan tidak bisa diandalkan lagi.

“Ini menjadi kekhawatiran kita untuk kedepannya bagaimana Kukar bisa bertahan dan eksis agar tetap bisa mensejahterakan masyarakatnya dengan hanya mengandalkan 3 sumber tersebut. Kedepannya, Pemkab Kukar melalui Kukar Idaman telah menetapkan untuk meningkatkan sumber daya lainnya. Diyakini dengan adanya sumber daya tersebut, Kukar akan tetap sejahtera,” ucapnya.

Rendi berharap, dengan adanya upaya-upaya tersebut, Kukar bisa melahirkan SDM yang siap bersaing di era IKN. “Seperti harapan kita bersama, SDM sangatlah penting demi kemajuan suatu daerah,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *