Bupati Kukar dan Masyarakat Muara Kaman Gelar Beseprah di Hari Pahlawan

Kukar738 Views

Kutai Kartanegara, NEAZONE.ID – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dan masyarakat Kecamatan Muara Kaman menggelar acara Beseprah, yaitu makan bersama secara adat Kutai, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023, Jumat (10/11/2023).

 

Beseprah adalah tradisi adat Kutai yang mengekspresikan rasa kekeluargaan dan kesetaraan antara semua orang. Dalam Beseprah, tidak ada perbedaan pangkat atau kedudukan, semua orang duduk bersila di atas tikar dan menikmati hidangan yang sama.

 

Bupati Edi Damansyah berpartisipasi dalam Beseprah, bersama dengan unsur Forkopimda dan Sekda Kukar Sunggono. Mereka berbaur dengan sejumlah Kepala OPD Pemkab Kukar, Camat Muara Kaman, Para Kades, perangkat desa, dan masyarakat setempat.

 

Beseprah diselenggarakan di sekitar Monumen Pahlawan Kecamatan Muara Kaman, yang menjadi lokasi bersejarah bagi para pahlawan yang gugur demi kemerdekaan dan kedaulatan bangsa. Bupati Edi Damansyah mengungkapkan, Beseprah merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada para pahlawan tersebut.

 

“Kita semua sama di sini, tidak ada yang berbeda. Kita semua bersaudara, kita semua anak bangsa. Ini adalah nilai-nilai yang harus kita jaga dan lestarikan sebagai warisan para pahlawan,” ucap Edi.

 

Beseprah diakhiri dengan doa bersama, sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. (ADV/Diskominfo Kukar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *