Tekan Angka Pengangguran, Sutomo Jabir Minta Perusahaan Prioritaskan Serap Tenaga Kerja Lokal di Swarga Bara

DPRD Kaltim629 Views

Samarinda, NEAZONE.ID – Perusahaan yang beroperasi di wilayah Kaltim diminta memprioritaskan warga lokal, untuk diserap menjadi tenaga kerja pada sektor usaha yang ada. Hal ini, disebut Anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir, agar meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

Sutomo Jabir menilai, tak sedikit laporan diterimanya, bahwa masih banyak perusahaan di Kaltim  yang cenderung abai terhadap warga lokal.

Salah satu laporan yang ia terima, adalah dari  warga Desa Swarga Bara Kecamatan Sangatta Utara, Kutai Timur.

Ia mengatakan warga meminta bantuan agar perusahaan lebih mengutamakan tenaga kerja lokal untuk mengisi sejumlah posisi di perusahaan tersebut.

“Beberapa perusahaan itu warga minta diprioritaskan. Ini bertujuan dalam rangka penyerapan tenaga kerja lokal guna mengurangi pengangguran. Saya minta ini agar menjadi perhatian bagi perusahaan yang berkantor dan beroperasi di daerah sana,”ungkap Sutomo Jabir.

Menurutnya, sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk memberikan kuota pekerja kepada warga lokal. Sebab hadirnya perusahaan sejatinya berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia meminta kepada Dinaskertrans Kaltim untuk melakukan koordinasi dengan Dinaskertrans kabupaten/kota dan evaluasi terhadap perusahaan di wilayah tersebut, guna memastikan apakah perusahaan telah melakukan kewajibannya terkait tenaga kerja lokal. (SF1/rs/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *