Pemerataan Pembangunan Perlu Dukungan Pemerintah Pusat

DPRD Kaltim565 Views

Samarinda, NEAZONE.ID –  Dengan luas wilayah yang besar, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tak bisa dengan mudah mewujudkan pemerataan pembangunan, terutama infrastruktur fisik di sejumlah wilayah yang tertinggal.

Proyek-proyek pembangunan itu, disebut sangat memerlukan dukungan dari pemerintah pusat. Baik melalui gelontoran dana, juga secara regulasi dan kebijakan.

Ketua Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono mengatakan,  percepatan pembangunan dalam arti luas terutama infrasktruktur yang bersentuhan langsung kepada masyarakat, mutlak memerlukan dukungan pemerintah pusat.

Ia mencontohkan, seperti jalan berstatus pemerintah pusat banyak memerlukan perbaikan di sejumlah daerah, masih ada kawasan yang belum teraliri listrik PLN, dan masih banyak lainnya yang merupakan kewenangan pusat.
“Wilayah Kaltim ini luas sekali, pembangunan terus dilakukan secara bertahap karena anggaran juga terbatas, sebab itu diperlukan dukungan pemerintah pusat terlebih pada kawasan pedesaan dan perbatasan,”ungkap Tiyo, sapaan Nidya Listiyono.

“Tentunya berharap APBN bisa bersinergi dengan APBD dalam membiayai program pembangunan. Efeknya luas akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi, banyaknya investasi yang masuk, hingga peningkatan SDM,”imbuhnya.

Melalui komunikasi yang intensif, lanjut dia, maka potensi terjadinya ketidakselarasaran program dapat dihindari. “Yaitu ketidak sesuaian kebutuhan Kaltim dengan program yang dianggarkan oleh pemerintah pusat,” sebutnya. (SF1/rs/adv/dprdkaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *