Wisata Alam dan Kampung Inggris, Daya Tarik Baru Desa Sumber Sari

Kukar721 Views

Kutai Kartanegara, NEAZONE.ID – Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) siap meluncurkan dua sektor wisata baru pada akhir tahun ini. Wisata alam dan wisata budaya akan menjadi daya tarik baru bagi desa yang terletak di kawasan hutan ini.

Wisata alam menawarkan keindahan panorama hutan, sungai, dan air terjun yang masih alami. Wisata budaya menampilkan kekayaan seni dan budaya masyarakat setempat, termasuk kampung inggris yang akan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata.

Kepala Desa Sumber Sari, Sutarno mengatakan, pengembangan wisata ini didukung oleh pemerintah daerah melalui bantuan infrastruktur. Ia berharap wisata ini bisa dikelola oleh BUMDes dan menjadi sumber pendapatan asli desa.

“Kita masih berbenah di wisatanya, yang penting kita fasilitasi dulu, agar orang datang tidak berpikir, bagaimana wisata kita ini kita jual,” ujar Sutarno, Minggu (5/11/2023).

Sutarno menambahkan, desanya sudah memiliki Pokdarwis yang aktif mempromosikan wisata melalui website desa. Saat ini, penghasilan dari wisata baru berasal dari lahan parkir.

“Sekarang menghasilkan dari lahan parkir aja, belum ke tiket masuknya, lumayan sudah menghasilkan untuk Pokdarwisnya. Kedepannya secara perlahan bisa berimbas ke penghasilan dana desa,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *