Bawaslu se-Kaltara Hadiri Puncak HUT Bawaslu ke-16

Tarakan, NEAZONE.ID – Pimpinan Bawaslu Kaltara, bersama Bawaslu Kabupaten-Kota, turut hadir dalam acara puncak perayaan HUT ke-16 Bawaslu RI di Jakarta, Minggu (21/04/2024) pagi.

“Dalam kegiatan ini diikuti seluruh Anggota dari Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se – Indonesia,” ujar Ketua Bawaslu Kaltara, Rustam Akif.

Perayaan yang juga dikemas dengan hiburan bagi para peserta, juga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat ibu kota Jakarta yang juga sedang melakukan aktivitas di Car Free Day (CFD).

Dalam perayaan ini juga dibagikan berbagai hadiah yang telah disiapkan oleh panitia bagi para peserta jalan santai CFD yang bisa menjawab kuis.

Puncak HUT ke-16 Bawaslu, pada Minggu (21/04/2024), dirangkai dengan Peringatan Hari Kartini. Tema yang diusung “Kawal Literasi Pemilihan Inklusi”.

Untuk diketahui, kegiatan jalan santai CFD ini dilepas langsung oleh Ketua Bawaslu Republik Indonesia Rahmat Bagja. Sebagai momen bersejarah, kegiatan ini juga diabadikan secara langsung oleh para peserta yang hadir dari seluruh wilayah Indonesia, baik dalam bentuk video, siaran langsung, dan foto bersama.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja mengingatkan semua elemen pengawasan untuk bersiap menghadapi Pilkada serentak 2024. Jangan ada lagi yang kendor dan mengawasi segala proses Pilkada yang akan berlangsung pada 27 November 2024.

“Teman-teman di depan saya ini adalah orang-orang pertama dalam sejarah republik ini mengawasi penyelenggaraan Pilkada Serentak satu hari seluruh Indonesia, tidak ada yang lain. Anda adalah bagian dari sejarah dan banggalah terhadap hal itu,” kata Bagja di acara Puncak Rangkaian HUT ke-16 Bawaslu dan Peringatan Hari Kartini Tahun 2024 di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Minggu (21/4/2024).

Ia pun meminta kepada seluruh anggota Bawaslu di berbagai tingkatan yang hadir untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada dengan baik, apa pun konsekuensinya.

“Sekali lagi, awasi seluruhnya awasi, awasi, cegah, tindak dan lakukan dengan sekarang dan selamat ulang tahun bagi kita semua,” kata dia.

Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para srikandi Bawaslu yang telah mengambil peran dalam penyelenggaraan kontestasi Pemilu 2024. Perempuan-perempuan Bawaslu adalah pengingat bagi para laki-laki agar tetap bekerja sesuai dengan SOP.

“Jadi ini tokoh-tokoh perempuan yang mengingatkan para laki-laki pengawas agar dalam perjalanan pengawasan Pemilu tetap pada relnya,” tutur Bagja. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *