Bawaslu Kaltara Ajak Media Massa Mengawal Demokrasi Pilkada 2024

Tarakan, NEAZONE.ID – Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas pada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Arif Rochman, kembali mengajak wartawan dan media massa mengawal proses demokrasi. Utamanya menyambut perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.“

“Dengan sudah berjalannya tahapan pilkada 2024, kami dari Bawaslu Kaltara mengajak rekan rekan media massa untuk sama sama mengawal setiap proses demokrasi yang berjalan,” kata Arif Rochman, Kamis (18/4/2024).

Media massa diharap turut mengawal proses demokrasi yang demokratis, yakni proses perhelatan pilkada yang diwarnai kehadiran informasi berimbang dari media massa.

Secara teknis, lanjutnya, Bawaslu Kaltara juga senantiasa melangsungkan program sosialisasi pengawasan partisipatif yang melibatkan wartawan media massa.

“Media juga memiliki peran penting dalam memberikan informasi dan pendidikan politik kepada masyarakat, sehingga masrakat bisa teredukasi dengan lebih baik,” jelasnya.

Lanjut dia, media massa memiliki fungsi vital dalam menyampaikan informasi perihal pengawasan pemilihan umum. Media massa diharap memperkuat implementasi pengawasan di setiap proses tahapan pilkada.

“Kami tentu berharap media massa senantiasa menghadirkan pemberitaan yang adil dan berimbang dengan melihat fakta dan isu-isu yang ada dalam pemilu, agar masrakat teredukasi terkait politik dalam pemilu,” paparnya.

Secara teknis, agenda sosialisasi pengawasan partisipatif dengan melibatkan media massa akan dilaksanakan dengan fleksibel, yakni menyesuaikan waktu dan tuntutan kerja wartawan di dalamnya.

“Kami sudah merancang agar format kegiatan bisa selalu berbeda, sehingga tidak membosankan, kami inginnya teman teman media bisa santai, nyaman dan tidak terlalu formal, jadi diskusi bisa lebih mengalir,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *