UT Tarakan Dorong SDM Lokal Isi Pembangunan KIPI Kaltara

Tarakan, NEAZONE.ID – Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul,M.Kes., menghadiri langsung Wisuda Daerah Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka Tarakan Periode I tahun 2022 yang dilaksanakan di Tarakan Plaza Convention Center, Minggu (17/07/2022).

Sebanyak 420 wisudawan resmi menyandang gelar akademiknya setelah lulus studi dari jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

Wisuda ini mengambil tema “Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Sebagai Esensi Pembangunan dan Inovasi Daerah”.

Sejalan dengan tema ini, Wali Kota telah menyampaikan ujian sesungguhnya ada di depan mata, yakni kembali ke masyarakat.

“Kami harapkan semua bisa mengimplementasikan ilmunya untuk kepentingan bangsa dan negara, khusus membangun SDM lokal yang unggul”, jelasnya.

Wali Kota menilai, peran dunia pendidikan sangat penting dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal. Terlebih, di Kalimantan Utara (Kaltara) akan hadir mega proyek Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning – Mangkupadi.

Karena itu perlu disiapkan SDM dari sekarang. Dimana untuk perguruan tinggi, perlu menyiapkan SDM sesuai kebutuhan di KIPI nanti.

Total 400an wisudawan asal lima wilayah di Provinsi Kaltara ini mengikuti Wisuda kali ini pertama digelar secara langsung pasca Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 lalu.

Terhitung sampai hari ini selama 38 tahun Universitas Terbuka hadir, sudah menghasilkan 1,5 juta lebih lulusan.

Senada dengan Wali Kota Tarakan, Wakil Rektor II Universitas Terbuka Pusat, Prof. Dr. Ali Muktiyanto S.E., M.Si., sangat mendukung persiapan tenaga kerja untuk industri Internasional itu.

Ia berkomitmen bahwa pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi terkait cetakan mahasiswa dari UT Tarakan.

“dengan berubahnya status UT menjadi Universitas Negeri akan lebih mudah menangkap peluang pasar serta membuka program pendidikan vokasi yang mencetak lulusan siap kerja,” Terangnya.

Menyoal pendidikan wajib di usia 16 tahun yang sempat digaungkan Gubernur Kalimantan Utara, ia juga dengan siap menyediakan layanan belajar di UT Tarakan.

“Kita selalu ingin terus menjadi bagian dalam peningkatan kompetensi di Kaltara ini,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *