PMII Tarakan Gelar Diskusi Publik, Peran Masjid Menjaga Nilai Kebhinekaan dan Persatuan Indonesia

Berita, Tarakan1152 Views

Tarakan, NEAZONE.ID – Pendirian masjid selain sebagai tempat ibadah bagi umat Islam, juga menjadi sarana kegiatan keagamaan dan pendidikan. Termasuk tempat berdiskusi berbagai hal, serta menyelesaikan beragam persoalan masyarakat.

Selain dapat menegakkan agama Allah SWT, masjid juga berfungsi untuk mewujudkan kesejahteraan dan ketertiban sosial melalui kajian-kajian keagamaan.

Di dalam masyarakat yang majemuk, seperti Indonesia, maka masjid dapat difungsikan untuk memberikan dakwah yang bersifat menyejukkan dalam praktik kehidupan sehari-hari.

Berangkat dari point tersebut Pengurus Cabang menggelar diskusi publik Masjid dan peradaban Masyarakat Madani dengan tema “Peran Masjid menjaga Nilai Kebhinekaan dan Persatuan Indonesia dalam upaya mewujudkan Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin”

“Masjid merupakan laboratorium peradaban dan pengembangan ilmu pengetahuan sehingga kegiatan ini bertujuan mempertegas bahwa masjid tidaklah hanya sebuah tempat beribadah melainkan banyak fungsi lain masjid yang dapat memberikan multiplier effect kepada seluruh lapisan masyarakat” ucap Mohd Nizam Ketua PC. PMII Kota Tarakan, Senin (24/10/2022).

Narasumber kegiatan ini adalah Ketua DMI Kota Tarakan dan Kepala Kemenag Kota Tarakan sementara total peserta yang hadir pada kegiatan sekitar 70an pengurus ta’mir masjid sekota Tarakan.

Selain itu “Masjid menjadi juga dorongan utama persatuan ummat sebagaimana peran dan fungsi masjid pada zaman rasulullah sebagai pusat pendidikan, pengembangan pengetahuan, pusat kesehatan dan banyak fungsi lainnya” lanjut nizam. (Humas PMII Tarakan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *