BUMDesa Harapan Kasih di Desa Tang Paye, Wujud Semangat Membangun Desa

Krayan, NEAZONE.ID – Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Desa Tang Paye Kecamatan Krayan Tengah Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara menunjukkan eksistensinya hingga saat ini.

Di awali oleh keinginan Pemerintah Desa yang ingin mengelola dana desa dengan optimal, aparatur desa beserta masyarakat setempat mengadakan musyawarah mufakat untuk membentuk BUMDesa.

“Atas dasar gotong royong dan semangat membangun desa, BUMDesa Harapan Kasih berhasil memenuhi kebutuhan gula di desa Tang Paye, sehingga harga gula tebu di desa Tang Paye memiliki harga yang stabil dan terjangkau bagi masyarakat.“ Terang Lepinus, Kepala Desa Tang Paye, Kamis, (23/11/2023).

BUMDesa yang dibentuk diharapkan mampu menyerap tenaga kerja lokal dan menambah Pendapatan Asli Desa serta mampu dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Tindak lanjut atas musyawarah mufakat Aparatur Desa beserta Masyarakat, pada tahun 2017 dibentuklah BUMDesa dengan nama Harapan Kasih.

“Sektor usaha yang dilaksanakan pada sektor pertanian, industri pengolahan dan perdagangan. Pada sektor Pertanian, BUMDesa di Desa Tang Paye tersebut berhasil menanam Tebu di lahan seluas 3 (Tiga) Hektar.” Jelas Lepinus.

Sedangkan di sektor industri pengolahan dan perdagangan, lanjut Lepinus, BUMDesa berhasil memproduksi gula tebu dari hasil panen tebu yang kemudian diperdagangkan produknya.

Saat ini, area pemasaran BUMDesa mencakup kecamatan Krayan Tengah dan Krayan Selatan. Harapan penuh, BUMDes dapat memproduksi gula tebu yang lebih banyak lagi sehingga dapat melaksanakan ekspansi ke skala regional maupun nasional. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *