Walikota Tarakan Hadiri Citynet National Chapter Indonesia

Walikota Membangun Jaringan Internasional untuk Memperkuat Smart City

Tarakan, NEAZONE.ID – Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., menghadiri kongres Citynet National Chapter Indonesia yang berlangsung di Kabupaten Sidoarjo pada Senin, 21 Agustus 2023. Acara tersebut dihadiri oleh CEO Citynet, Jeong Kee-Kim, serta Bupati Sidoarjo sebagai tuan rumah, dan perwakilan dari kota/kabupaten anggota Citynet.

Kongres ini juga dirangkai seminar yang melibatkan berbagai pihak, termasuk Non Government Organization (NGO), korporasi, dan komunitas baik skala nasional maupun internasional.

Kota Tarakan, yang merupakan bagian dari jejaring Citynet, turut berkontribusi dalam kongres tersebut. Citynet sendiri adalah jaringan regional Asia Pasifik yang telah aktif sejak tahun 1987, dan kini tengah berfokus pada Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Di dalam kongres dan seminar ini, berbagai kota dan kabupaten anggota Citynet dibuka peluang untuk menguatkan pembangunan berkelanjutan di wilayah masing-masing.

Dalam konteks Tarakan, pada visi terwujudnya Tarakan sebagai kota maju dan sejahtera melalui smart city, berbagai indikator tujuan pembangunan berkelanjutan telah diintegrasikan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2019-2024. Partisipasi aktif Kota Tarakan dalam kongres ini menunjukkan komitmen kota untuk terus berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di tingkat regional serta semakin mengenalkan Tarakan ke dalam komunitas internasional.

Wali Kota Tarakan di kesempatan ini mengusulkan beberapa strategi penguatan dan keberlangsungan Citynet antara lain dengan pembentukan kesekretariatan yang lebih kuat, perluasan keanggotaaan, dan keketuaan yang disesuaikan agar dapat dilanjutkan sampai dengan selesainya Pilkada serentak. (adv/trk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *