Ini Cara Kadisdikbud Kukar Lestarikan Seni Budaya Lokal di Sekolah

Tenggarong, NEAZONE.ID – Seni budaya lokal adalah warisan leluhur yang harus dihargai dan dikembangkan. Namun, di era globalisasi ini, banyak anak-anak yang lebih tertarik dengan budaya asing daripada budaya lokal mereka. Padahal, budaya lokal memiliki banyak makna dan pesan yang bisa menjadi sumber inspirasi dan pembelajaran bagi anak-anak.

Salah satu daerah yang memiliki budaya lokal yang kaya dan unik adalah Kutai Kartanegara (Kukar). Daerah ini memiliki berbagai macam budaya lokal, seperti tari-tarian, musik, pakaian adat, upacara adat, dan sebagainya. Sayangnya, tidak semua anak-anak di Kukar mengenal dan menghargai budaya lokal mereka.

Hal ini menjadi perhatian Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kukar, Thauhid Afrilian Noor. Ia merasa bahwa budaya lokal harus dikenalkan dan ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Oleh karena itu, ia mendorong sekolah-sekolah di Kukar untuk menjadikan budaya lokal sebagai kegiatan ekstrakulikuler.

“Seni budaya lokal itu harus terus dilestarikan, itulah tugas kita untuk mendorong anak-anak kita supaya cinta terhadap budaya lokal,” kata Thauhid kepada awak media, Selasa, (3/10/2023).

Thauhid mengatakan, dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler budaya lokal, anak-anak dapat belajar banyak hal. Mereka dapat memahami sejarah dan latar belakang budaya lokal mereka, serta nilai-nilai dan kearifan lokal yang terkandung di dalamnya.

“Seni budaya lokal juga bisa melatih mental dan karakter anak-anak. Mereka bisa belajar bersosialisasi, berkolaborasi, berkreasi, dan berprestasi,” ujarnya.

Thauhid mencontohkan, beberapa hari yang lalu, para murid TK hingga SMP berlomba di Expo Erau Adat Pelas Benua 2023. Lomba yang digelar itu meliputi fashion show, tari-tarian, dan sebagainya.

“Kita lihat anak-anak sangat antusias dan berbakat. Kita juga berencana untuk menjaring anak-anak yang berbakat untuk tampil di festival lain yang diselenggarakan Pemkab Kukar,” tuturnya.

Thauhid berharap, dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler budaya lokal di sekolah, budaya Kutai semakin dikenal masyarakat Indonesia. (ADV/Diskominfo Kukar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *